Selasa, 29 April 2014

Diniyah

PENDIDIKAN DAN KURIKULUM DINIYAH 

Sistem pendidikan di Pesantren Darut Tafsir merupakan perpaduan antara sistem pendidikan Formal  dan sistem pendidikan diniyah, Keduanya terintegral satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.
Pendidikan Diniyah PP. Darut Tafsir adalah sistem pendidikan yang secara khusus peserta didik mempelajari dan memperdalam berbagai disiplin ilmu agama Islam, dalam rangka tafaqquh fiddin yang sesuai dengan prinsip-perinsip empat mahzab dalam fiqih wabil khusus kepada Imam Syafii dan prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah.

Sistem dan Jenjang Pendidikan

Sistem Pendidikan Dinyah PP. Darut Tafsir adalah dengan sistem Klasikal, dimana setiap akhir semester diadakan evaluasi atau ujian akhir semester dan ujian kenaikan kelas sehingga setiap santri mempunyai raport Diniyah.
Adapun  jenjang pendidikan sebagi berikut :
1.     Diniyah Tsanawiyah (3 Tahun)
2.     Diniyah Aliyah (3 Tahun)

Waktu Belajar

Adapun waktu belajar Diniyah PP. Darut Tafsir dimulai dari jam 13.00 sampai dengan 16.00. Adapun satu jam tatap muka adalah 30 Menit

Kurikulum Diniyah

Kurikulum Diniyah PP. Darut Tafsir disusun oleh internal pesantren sendiri dengan membaca kebutuhan ideal santri akan pengetahuan dan pendalaman agama, serta perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan masyarakat. Disamping itu, Pondok tetap mempertahankan tradisi pesantren dalam pengembangan kurikulumnya. Pada prinsipnya adalah bagaimana santri dapat membaca, menerjemahkan dan memahami isi kitab kunig serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan berakhlak karimah. Dengan demikian, dari kurikulum tersebut diharapkan lulusan PP. Darut Tafsir dapat terjun kemasyarakat dengan penguasaan ilmu agama yang mumpuni.
Secara umum Mata Pelajaran  diniyah PP. Darut Tafsir sebagai berikut:
1.     Alquran
2.     Tajwid
3.     Tafsir
4.     Ulumul Quran
5.     Hadist
6.     Ilmu Hadist
7.     Tauhid
8.     Fiqih
9.     Ushul Fiqih
10.   Mahfudzot
11.   Tarikh Islam
12.    Nahwu
13.    Shorof
14.    Balaghoh
15.    Mutholaah
16.    Insya
17.    Imla
18.    Khot (Kaligrafi Arab)
19.    Bahasa Arab
20.    Akhlak













Tidak ada komentar:

Posting Komentar